Minggu, 14 Oktober 2012

UNSUR ORGANISASI


           Dalam organisasi, sebenarnya banyak sekali aspek-aspek penyusunnya. Dari definisi dan fungsi, tujuan, unsur, jenis, teori ciri dan banyak hal lainnya. Membuat banyak ahli-ahli mengemukakan pendapatnya masing-masing mengenai organisasi. dan organisasi itu sendiri merupakan sebuah wadah dari sekelompok orang yang memiliki visi dan misi yang sama, bergabung membentuk sebuah organisasi untuk mencapai tujuan bersama pula. Setelah definisi dan benerapa penyusun atau hal yang dibutuhkan penyusun organisasi, kali ini saya akan membahas mengenai unsur-unsur yang di perlukan dalam sebuah organisasi. pendapat mengenai unsur organisasi kali ini di kemukakan oleh seorang ahli.



Menuruth Keith Davis ada tiga unsur penting dalam organisasi. Antara lain :
  1. Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
  2. Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan bersama/kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa bahagia/senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.
  3. Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness”.
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
  • Manusia.
  • Kerjasama.
  • Tujuan bersama-sama.

Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.

Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
  • MAN

Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
  • KERJASAMA

Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
  • TUJUAN BERSAMA

Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).
  • PERALATAN (EQUIPMENT)

Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
  • LINGKUNGAN (ENVIRONMENT)

Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,

SUMBER :
Buku Teori Organisasi Umum 1 dan berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alia_adelinalutfiani@yahoo.com