Senin, 05 November 2012

PENDIRI ORACLE #1

PENDIRI ORACLE

Lawrence Joseph “Larry” Ellison (lahir 17 Agustus 1944) adalah seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO Oracle Corporation, salah satu perusahaan  perangkat lunak  database  terbesar  di dunia.  Bisa dibilang Larry Ellison lah yang membuat Oracle menjadi sebuah konsep Relational Database System yang dibutuhkan oleh berbagai industri di dunia seperti saat ini. Mulai menciptakan konsep database pada 1970, 40 tahun kemudian konsep yang ia kemukakan telah menjadi sebuah sendi penting dari industri-industri dunia serta berbagai macam bisnis yang ada pada saat ini. Pada 2011 ia adalah orang kelima terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi $ 39.500.000.000,-. 

Pada awalnya, “Larry  adalah  pengusaha yang klasik, di seluruh setiap detail perusahaan”, kenang Tom Siebel, yang tidak asing dengannya, karena setelah menjadi top salesman di Oracle, kemudian mendirikan perusahaan senama, Siebel Systems, sebuah  perusahaan  kompetitor Oracle. “Larry membuat setiap keputusan, mengendalikan dewan direksi, menyetujui setiap kontrak penjualan yang besar. Bahkan sampai saat ini, ketika Oracle memiliki 40.000 karyawan dan sekitar $ 10 miliar dalam penjualan, dampak emosional Ellison masih sangat besar”.
Larry Ellison dilahirkan di New York City oleh Florence Spellman, yang menikah pada umur 19 tahun. Ayah biologis Ellison adalah seorang pilot Angkatan Udara US berdarah Italia-Amerika, yang ditempatkan di luar negeri. Setelah Larry Ellison divonis pneumonia pada usia sembilan bulan, ibunya memutuskan bahwa ia tidak  akan  mampu merawatnya  secara  memadai, dan mengatur agar ia diadopsi oleh bibi dan pamannya di Chicago.  Lillian Spellman Ellison dan Louis Ellison mengadopsinya ketika dia berumur sembilan bulan. Lillian adalah istri kedua dari Louis Ellison, seorang Yahudi Rusia yang telah tiba di Amerika Serikat pada tahun 1905 Ellison tidak bertemu ibu kandungnya sampai dia berusia 48 tahun.
Ellison lulus dari Eugene Field Elementary School, Sekolah Dasar di  sisi utara Chicago pada bulan Januari, 1958 dan melanjutkan ke Sullivan High School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore. Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur di Chicago Selatan di  lingkungan Yahudi kelas menengah. Ellison mengingat ibu angkatnya sebagai  pribadi yang  hangat dan penuh kasih, berbeda dengan  sifat keras yang dia warisi dari ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang mengadopsi nama Ellison untuk menghormati  pulau dimana ia  masuk ke Amerika Serikat, Ellis Island.  Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah sederhana yang mencari sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya untuk menghilangkan selama depresi yang dialaminya.
Ellison adalah seorang mahasiswa cerdas namun lalai. Dia meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua, setelah  tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibu  angkatnya  baru saja meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia masuk  University of Chicago selama satu periode, di mana ia pertama kali bertemu  dan merancang komputer. Pada tahun 1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara secara permanen. Selama tahun 1970, setelah bertugas sebentar di Amdahl Corporation, Ellison bekerja untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah  database untuk CIA, yang ia beri nama “Oracle”.
Ellison terinspirasi oleh makalah yang ditulis oleh Edgar F. Codd pada sistem database relasional  yang  disebut  “A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks”.  Ia mendirikan  cikal bakal  Oracle  Corp.  tahun 1977, dengan nama Software Development Laboratories (SDL). Pada tahun 1979, perusahaan ini berganti nama menjadi Relational Software Inc, kemudian berganti nama menjadi Oracle setelah memiliki produk unggulan database Oracle. Dia telah mendengar tentang  Sistem R  database IBM, yang didasarkan pada teori Codd, dan Oracle ingin agar kompatibel dengan itu, tetapi IBM membuat hal ini mustahil dengan menolak untuk berbagi kode Sistem R. Rilis awal dari Oracle adalah Oracle 2; tidak ada Oracle 1. Nomor rilis ini dimaksudkan untuk menyiratkan bahwa semua bug telah bekerja dari versi sebelumnya.

DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alia_adelinalutfiani@yahoo.com