Jumat, 18 April 2014

Tulisan 4, Bahasa Indonesia 2

Bismillah...
            Setelah sebelumnya aku bercerita tentang semester baru ku, kali ini aku ingin bercerita sedikit nih tentang almamaterku. Bukan, bukan almamater yang jaket itu. Melainkan tempat dimana dengan bangganya aku tumbuh dan berkembang. Hahaha, udah kaya sama orang tua sendiri ya?


Oke, start from here. Sejak lulus SMA, aku mencoba berbagai universitas negeri di seluruh Indonesia. Yaaaa.. sekitar pulau jawa aja sih sebenernya. Tujuannya, aku mau kuliah, harus S1. Segala macem tes udah aku ikutin, tapi emang rejeki dari tes cuma mentok di D3. Sekalipun universitas negeri, tapi di lepas. Sampai akhirnya udah di titik darah perjuangan, Mama menyarankan untuk kuliah ku agar tidak terlalu jauh. “Kenapa gak di coba aja di swasta?”, kata Mama. Yaaaaaa, nggak pernah kepikiran soal kuliah di universitas yang satu ini. Pengetahuan tentang jurusannya pun aku buta, gak tau apa-apa.
Akhirnya datanglah aku ke bagian pendaftaran dan mulai bertanya-tanya sama si mba staff pendaftarannya. Dan barulah tau tentang beberapa jurusan di Gunadarma. Belum kebayang nantinya di universitas akan belajar apa aja, tapi aku memutuskan untuk mengambil jurusan Sistem Informasi, yang termasuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.
Di FIKTI (Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) ini ada jurusan lainnya, yaitu Sistem komputer (S1) dan Managemen Informatika (D3). Masih banyak lagi fakultas di Gunadarma. Jurusan lain seperti Tekhnik Informatika, Tekhnik Industri, Ekomomi, Managemen Akutansi, Sastra Inggris, Psikologi, dll. Universitas Gunadarma memiliki beberapa cabang universitas di berbagai daerah di Jakarta, Depok, Bekasi. Tiap cabangnya di bedakan dengan nama gedungnya. Seperti di Depok yaitu kampus D, di Kelapa Dua yaitu kampus E, di Kalimalang yaitu kampus J, dan gedung lainnya seperti di kampus Salemba, Kenari, Kemang, dll.
Di Universitas ini juga menyediakan berbagai kegiatan mahasiswa. Jadi mahasiswa tidak hanya selalu dilibatkan dalam kegiatan akademik saja. Tapi ada berbagai kegiatan mahasiswa yang dapat dijadikan wadah berkumpul, saling berbagi dan asah bakat. Dari kegiatan organisasi setiap jurusannya, ditampung dalam wadah himpunan jurusan. Di jurusan SI ada HIMSI, yaitu Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi. HIMMI, untuk jurudan D3 yaitu Himpunan Mahasiswa Managemen Informatika. Kemudian ada HIMTI, yaitu Himunan Mahasiswa Tekhnikk Informatika dan himpunan-himpunan mahasiswa lainnya. Jika himpunan dapat menjadi wadah aspirasi para mahasiswa untuk bertukar pendapat dan kritis terhadap dunia pendidikan di lingkungan mahasiswa, Organisasi Fajrul Islam atau Faris didirikan untuk menampung Aspirasi dan wadah bertukar Ilmu para remaja muslimah. Untuk para ukhti belajar mempercantik diri juga ada Gunadarma Hijabers loh. Banyak manfaat yang di dapat dari berbagai organisasi tersebut.
Tapi tidak hanya organisasi saja yang dapat dijadikan wadah atau kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa agar mendapat ilmu diluar kegiatan akademik. Seperti berbagai kegiatan mahasiswa ini, siapa yang suka olahraga? Disini ada juga nih wadah para pecinta kesehatan, seperti futsal, basket, bulutangkis, pancaksilat. Untuk kalian yang hoby nyanyi tapi hobinya Cuma di kamar mandi, juga bisa tersalurkan melalui SDG atau Suara Darma Gita Gunadarma.

 Swaradarmagita
Di atas adalah foto anggota Swaradarmagita dengan pelatih tercintanya, ka Yogi.

Nah, untuk para penikmat keindahan dari mata lensa kamera juga ada Snap Gunadarma. Kalian para pemula fotografi juga bisa belajar secara otodidak, geratis dan tanpa dipungut biaya.
 Snap Gunadarma

Masih banyak lagi club-club yang di dirikan oleh para mahasiswa Gunadarma. Meskipun disebut dengan organisasi Ilegal alias tidak diresmikan oleh Kampus, tapi jangan khawatir bahwa semua club yang dibangun bertujuan untuk kegiatan positif. Siapa yang suka stand-up comedy? Gunadarma, punya juga Stand-up Gunadarma. Emmmm, fans club bola juga adaaa kok clubnya. Jadi banyak ya pilihan kegiatannya? Mau pilih yang mana? So, don’t worry to find your second family here! Jadikan kampus seperti rumah kedua untukmu, buat senyaman mungkin dan be positive ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alia_adelinalutfiani@yahoo.com